Hobi foto-foto? hobi video-video an? Nah, kamu perlu tahu apa saja jenis-jenis shoot kamera. Dulu pas aku masih belajar Multimedia, aku dapet materi tentang shoot and frame size foto n video. Disini mau tak deskripsikan secara ringkas "Apa saja Jenis Shoot Kamera". Yang jelas Jenis shot kamera itu sangat banyak sekali tapi kali ini tak tulis beberapa saja yang paling umum. Mungkin sampeyan seorang mahasiswa baru jurusan foto / videografi atau mungkin siswa jurusan multimedia, Naaaah!! sampeyan perlu tahu apa saja jenis shoot dan frame size untuk foto atau videografi. Coba baca tulisan saya dibawah ini :), monggo :

1. Close Up
Pengambilan gambar dari batas bahu sampai atas kepala. Jadi obyek terlihat sangat dekat, yaitu dari atas bahu sampai kepala jadi gambar didominasi shot wajah dari obyek utama.

Close UP

2. Medium Close UP
Merupakan Shot yang menampilkan sebatas dada hingga atas kepala. Seperti anda ketika foto katepe.
Medium Close Up

3. Big Close Up
Kalau yang ini, shot yang menampilkan bagian tubuh atau benda tertentu sehingga tampak besar. Misal : shot bagian wajah manusia sebatas dagu sampai dahi yang menyebabkan kelihatan dengan jelas jerawat-jerawatnya. Jadi shot yang satu ini sangat dekat sekali!
big close up

4. Extreme Close Up
Shot ini tujuannya adalah menampilkan detail obyek. Misalnya mata, hidung, atau telinga. Bukan kelihatan jerawatnya saja, bahkan detail jerawatnya pun terlihat hingga pori-pori wajahnya. hehe, karena saking dekatnya shoot ini

Extreme Close UP, tampak detail yak!

5. Medium Shoot
Medium shot adalah Shot yang menampilkan sebatas pinggang sampai atas kepala. Nah, yang ini setengah badan! Dari tengah ke atas.

6. Kneel Shoot
Kneel Shoot hampir sama fungsinya seperti Medium Shoot tapi kneel shot menampilkan hingga lutut atau tiga per empat bagian dari obyek manusia.

7. Total Shoot
Juga bisa disebut Full Shoot. Total Shot adalah shot yang menampilkan keseluruhan obyek. Misal manusia, ya keliatan secara keseluruhan mulai kaki sampai ujung rambut, keseluruhan atau tampak seluruh badan.


8. Long Shoot
Teknik Pengambilan gambar ini lebih luas dari pada Total Shoot. Karena bukan hanya menampilkan objek utama tapi juga menampilkan latar belakangnya.


9. Extreme Long Shoot
Extreme Long Shoot menampilan lingkungan si objek secara utuh dengan tujuan untuk menunjukkan objek tersebut bagian dari lingkungannya. Jadi objek utama akan terlihat jelas sekali beserta latar belakangnya.

10. Establish Shoot
Tujuan shot ini adalah menampilkan keseluruhan pemandangan atau suatu tempat sehingga tempat tersebut tampak secara total dan orang yang melihat obyek tersebut pun mengerti tempat apa dan dimana lalu sedang apa itu.

11. Two Shoot
Sederhana, ini merupakan shot yang menampilkan dua orang. Ada juga Three shoot, berarti nampilkan tiga orang. Simple saja… haha

12. Group Shoot
Pengambilan gambar sekumpulan objek. Misal : memperlihatkan adegan sekelompok orang dalam melakukan aktifitas. Contoh : mungkin pas kita menonton televise acara bincang-bincang, nah begitu…

13. Over Shoulder Shoot
Ini sedikit unik, jadi OSS itu pengambilan gambar di mana kamera terletak di belakang bahu salah satu pelaku, dan bahu si pelaku tampak dalam frame. Obyek utama tampak menghadap kamera dengan latar depan bahu lawan main. Jika kita bias mengolah teknik ini, hasilnya akan mantap dan maknyus

Yaps, itu tadi friends beberapa Jenis Shot Kamera. yang jelas itu hanya sebagian saja dan masih ada beberapa jenis shot yang lainnya karena pada dasarnya shot kamera itu hal yang tidak terlalu baku, jadi banyak variasinya. Untuk mengetahui bagaimana bentuk real objek dari masing-masing jenis shot diatas, silakan gunakan google gambar untuk melihatnya menggunakan keyword sesuai jenis shotnya. Semoga bermanfaat, salam moving!
Jangan lupa baca juga : Cara Merawat Lensa Kamera DSLR, karena ini juga penting bagi anda yang hobi jepret-jepret ;)


-dari berbagai sumber di internet-