Merawat Lensa Kamera DSLR merupakan hal wajib yang harus bisa dilakukan oleh siapapun yang hobi fotografi. Lensa Kamera DSLR merupakan bagian yang sangat vital karena lensa yang baik akan menghasilkan gambar foto dan hasil yang baik. Jika lensa mengalami cacat otomatis hasil dari jepretan kamera pun pasti akan kurang bagus. Kadang kita menganggap merawat lensa merupakan hal yang remeh dan sering diabaikan karena sekilas lensa masih tampak baik-baik saja. Tapi tidak ada salahnya kita merawat dengan benar agar kualitas gambar yang dihasilkan semakin mantap Lensa Kamera sudah seharusnya dirawat dengan sebaik-baikya. Sebenarnya simple dan mudah, kitapun dapat melakukan perawatan sendiri. Alangkah baiknya jika perawatan itu kita lakukan secara rutin setidaknya seminggu sekali kita bersihkan bagian lensa kamera DSLR yang kita miliki.

Berikut ini adalah Cara Merawat Lensa Kamera DSLR:

a. Jangan menyentuh bagian lensa secara langsung dengan jari anda karena noda sidik jari anda akan tertinggal dibagian permukaan lensa.

b. Selalu pasang penutup lensa ketika lensa sedang tidak dipergunakan, tujuannya adalah mengurangi kemungkinan menempelnya debu pada bagianbpermukaan lensa yang terbuka.

c. Membersihkan lensa kamera DSLR juga sangat diperlukan, gunakanlah peralatan pembersih yang baik sangat dianjurkan. Selalu pergunakan lens brush, lens blower, lens paper dan lens cloth (serta lens cleaning fluid jika diperlukan). Perlengkapan ini bisa anda beli di toko-toko kamera terdekat biasanya tersedia banyak.

d. Bersihkan bagian depan dan belakang lensa dengan lens blower terlebih dahulu. Dengan tujuan menghilangkan partikel-partikel debu yang menempel. Ingat! Jangan langsung membersihkan lensa dengan lens cloth atau lens paper sebab partikel debu yang ikut tergosok akan menyebabkan permukaan coating lensa akan tergores. Jika hal ini terjadi dapat berakibat munculnya gangguan permanen pada hasil foto.

e. Anda juga bisa menggunakan lens brush untuk menghilangkan partikel-partikel debu yang masih menempel.

f. Berikutnya lakukan pembersihan lensa secara lembut dan perlahan menggunakan lens cloth / lens paper kering dengan gerakan memutar dimulai dari bagian dalam lensa menuju sisi luar.

g. Mungkin anda juga membutuhkan cairan pembersih lensa / lens cleaning fluid khusus yang dapat digunakan membersihkan kotoran-kotoran lensa yang susah dihilangkan alias sedikit bandel. Tapi jangan meneteskan langsung pada kamera, tetapi teteskan pada lens paper terlebih dahulu kemudian usap perlahan pada bagian lensa tersebut.

Sederhana saja untuk merawat Lensa Kamera DSLR. Banyak sekali orang yang hobi berfotografi yang kesana kemari berkalung DSLR. Mungkin saja anda salah satunya. Tapi ingat, gunakan kamera anda dengan baik dan anda juga harus rajin-rajin merawatnya agar hasil jepretan-jepretan anda memuaskan dan maksimal. Berfoto menggunakan kamera saku juga tidak kalah seru. Memang hasilnya tidak sebagus kamera DSLR tapi untuk sekedar berfoto bareng teman dan keluarga tentunya sangat mengasyikkan. Mau tau cara merawat kamera saku? Anda bisa baca dalam artikel kami "Tips Merawat Kamera Digital" semoga bermanfaat! Salam Moving!