Kamera Digital dulu merupakan barang mewah yang tidak semua orang bisa memiliki. Bahkan untuk bisa berfoto-foto, dulu kita harus berangkat ke studio foto terlebih dahulu. Tapi sekarang kalau untuk sekedar berfoto-foto ria sampai puas kita sudah tidak kerepotan lagi karena sudah banyak sekali gadget-gadget canggih yang dilengkapi dengan kamera mulai dari HP, Tablet, Pemutar musik (mp3) sekalipun kadang ada kameranya dan ternyata kualitas gambar jepretan kamera-kamera tersebut tergolong lumayan bagus. Untuk kamera digital jenis kamera poket atau kamera saku juga tersedia dibanyak tempat dan mudah untuk dimiliki saat ini. Sebagian orang sangat membutuhkannya dalam mendukung pekerjaan sehari-hari seperti halnya kebutuhan alat komunikasi. Kebanyakan orang sudah cukup mahir dan bisa mengoperasikan kamera digital dengan benar namun tidak semua orang itu mengetahui bagaimana cara merawat kamera digital dengan benar agar kamera tetap awet dan terhindar dari kerusakan.

Berikut ini adalah beberapa tips praktis merawat kamera digital agar kamera bisa berfungsi dengan maksimal :

1.    Jauhkan dari Kapur Barus
Kapur barus merupakan benda perusak yang ampuh terhadap kamera yang dapat menyekat-nyekat kamera dan bagian kamera lain yang berbahan dasar karet. Bagian yang mudah dirusak oleh kapur barus pada kamera elektronik adalah jalur PCB (Printed Circuit Board) yang merupakan tempat chip-chip kamera terpasang dan beberapa elemen chip itu sendiri. Uap kapur dapat menodai dan membuat ‘flek’ pada lensa. Maka dari itu simpanlah kamera ditempat yang kedap udara, sejuk dan kering. Jika ingin kamera aman dan awet anda bisa membeli lemari khusus penyimpanan kamera. Tapi jika harga lemari khusus kamera tersebut terlalu mahal anda bisa mencari tempat penyimpanan alternative misalnya menyimpan kamera dalam stoples tertutup rapat dan didalamnya diberi silica gel untuk menyerap kelembabannya. Caranya Simple, dengan memasang lampu 5 watt dan diletakkan pada jarak sekitar 40cm diatas kamera dan perlengkapan lainnya. Jangan lupa, bungkus kamera untuk dibuka dan selalu bersihkan dari debu tiap kali hendak menyimpannya. Hati-hati, kerusakan kamera yang biasanya disebabkan oleh kapur barus biasanya cukup fatal sampai terkadang kamera tidak bisa diperbaiki lagi maka jangan simpan kamera dilemari pakaian yang telah diisi kamper pengharum pakaian atau kapur barus.

2.    Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari
Usahakan kamera selalu dijaga agar tidak terkena cahaya matahari langsung atau terjemur sampai berlebihan. Panas yang tinggi bisa merusak bagian-bagian kamera yang rentan yang terbuat dari plastik dan karet serta beberapa komponen elektronik lain didalamnya.

3.    Jaga Kamera dari Guncangan Berlebihan
Biasanya kamera sudah dibekali dengan tas khusus guna menghindari guncangan yang berlebihan maupun dengan benturan antar peralatan. Taruhlah kamera didalam tas khusus tersebut dan letakkan ditempat yang aman dari guncangan jika kamera tidak digunakan.

4.    Membersihkan Kamera dan Lensa
Selalu rutin untuk membersikhan kamera secara teratur dan berkala setidaknya seminggu sekali dibersihkan. Untuk membersihkan bagian fisik kamera digital gunakan lap kering yang bersih dan tidak kasar. Sedangkan untuk membersihkan bagian dalam dan elemen-elemen kecil kamera gunakan blower atau peniup yang dijual di toko kamera. Selain blower, anda juga bisa menggunakan kuas berserabut halus yang belum pernah dipergunakan pada benda lain. Bagaimana jika lensa terkena noda, jari yang berminyak, ataupun air keringat dari pemakai? Gunakan tissue khusus yang banyak dijual di toko kamera.

5.    Jaga Lensa agar Tidak Tergores
Goresan pada lensa membuat kualitas gambar yang dihasilkan kamera menjadi menurun tetapi tergantung dari seberapa parah goresan lensanya. Sebaiknya lensa memiliki filter ulir yang terpasang permanen dibagian depannya. Biasanya Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (Ultra Violet) atau filter Skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan pada bagian belakang lensa saat lensa dilepas dari badan kamera, anda bisa memasang ‘bodycup’ penutup lensa.

6.    Hindari Air Laut
Selalu jagalah kamera agar terhindar dari air laut ketika anda menggunakannya untuk berfoto-foto dipantai. Sangat rawan apabila kamera terjatuh kedalam air laut karena air laut merupakan penyebab karat yang potensial terhadap kamera ataupun perangkat elektronik lainnya. Kecuali memang kamera atau alat-alat tersebut dirancang untuk beradaptasi dengan air laut. Seusai menggunakan kamera didaerah pantai, kamera wajib dibersihkan sesegera mungkin. Yang seringkali menyebabkan karat pada kamera adalah uap air laut yang menimbulkan butir-butir garam di kamera digital anda. Seandainya kamera anda tanpa sengaja tercebur kedalam air laut, segeralah rendam kamera kedalam air tawar lalu bilas berkali-kali untuk menghilangkan bekas-bekas air laut. Proses pengrusakan oleh air laut terhadap kamera berlangsung cepat bahkan dalam hitungan menit saja setelah kamera tercelup air laut. Seusai dibilas hingga bersih dari air laut segera bawa kamera digital anda ke ahli servis kamera untuk membersihkan dan mengeringkan kamera tersebut.

7.    Servis Kamera ditempat Resmi
Dalam kurun waktu tertentu sebaiknya kamera diservis ketempat khusus secara berkala. Boleh saja servis ke tempat yang mungkin secara pribadi sudah anda percaya tapi alangkah lebih tepat kalau servis ditempat resmi. Jangan pernah menunggu kamera rusak kemudian baru diservis. Servis yang dimaksud adalah servis yang meliputi pembersihan bagian dalam kamera misal pembersihan lensa dari jamur yang menempel, juga penyesuain setelan-setelan kamera. Jangan terlalu sering mencuci lensa atau bagian dalamnya jika berjamur. Kaca lensa sangat peka. Terlalu sering dibersihkan dapat mengakibatkan mutu gambar akan menurun. Hindari menyimpan kamera ditempat-tempat yang berpotensi mengundang jamur semisal dilemari pakaian.

Itulah tadi beberapa Tips Praktis Merawat Kamera Digital. Mungkin anda sebelum anda membaca artikel diatas ini anda berfikir bahwa kamera tidak perlu di rawat terlalu neko-neko. Memang, sebenarnya untuk melakukan perawatan kamera seperti diatas ini boleh dibilang tidak terlalu sulit. Apabila kamera tidak dijaga dan dirawat secara intensif bisa menurunkan performa dan kualitas dari kamera itu sendiri. Apalagi kalau sudah rusak, hmm.. sudah kelihatan, anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam untuk servis. Kamera digital bukan barang murahan jadi sudah seharusnya dirawat dengan benar agar anda bisa leluasa menggunakan kamera untuk berfoto-foto bareng teman-teman anda ataupun untuk memenuhi kebutuhan anda. Semoga bermanfaat, Salam Moving!