Saat ini sedang berkembang trend jual beli online di dunia internet. Sangat menyenenangkan memang karena ada beberapa kelebihan yang membuat jual beli online cukup diminati banyak kalangan salah satunya adalah yaitu efisiensi dan kecepatan. Barang yang dicari tinggal kita ketik keywordnya saja di mesin pencarian ataupun melalui Google. Harganya pun juga sudah dibanderol dengan jelas lengkap beserta tata cara membelinya. Jadi customer tidak perlu beranjak dari tempat duduk mereka untuk membeli suatu barang yang mereka butuhkan. Membuat toko online tak ubahnya membangun toko biasa. Penjual harus berusaha untuk menarik minat calon pembeli. Sangatlah perlu untuk membuat strategi marketing yang handal. Disini anda akan mendapat beberapa poin-poin penting situs toko online pada umumnya agar toko online yang anda bangun bisa benar-benar memberikan hasil yang maksimal. Apakah toko online yang kita bangun telah memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut? 

 1.  Konten Yang Menarik :
Pengunjung toko online akan lebih betah berlama-lama dalam satu situs yang menyediakan konten yang menarik. Gunakan warna-warna cerah dan ceria, sangat cocok untuk toko anda yang menawarkan nuansa kehangatan dan kekeluargaan. Cobalah untuk tidak ragu-ragu konsultasi mengenai desain situs anda mulai warna, tata letak, hingga konten toko online anda kepada pakarnya. Bisa jadi jika situs anda eyecatching, pengunjung akan sangat betah berlama-lama menelusuri situs anda bahkan anda sendiri mungkin betah disitus anda :D
 2. Permudah Navigasi Situs :
Jika customer kesulitan menemukan apa yang mereka cari disitus toko online anda, bisa saja mereka akan menghilang secara instan. Maka dari itu permudah navigasi situs kita. Simple saja, bisa dengan menggunakan tombol-tombol menu yang mudah dilihat atau bahkan mungkin kalau bisa ketika disorot kursor, menu memunculkan pop-up. Hal ini akan membuat pengakses penasaran untuk menelusuri struktur situs kita. Fitur Search Engine juga tidak kalah penting. Terkadang customer tidak mempedulikan seberapa baik navigasi situs kita tapi mereka langsung menuju Search Engine karena dirasa lebih cepat menemukan apa yang mereka cari. Pastikan anda bisa memonitoring query aktivitas fitur search kita. Dari situ kita bisa mempelajari dan tahu apa yang dicari customer kita.
 3. Alur Pemrosesan Order yang Jelas :
Pada Umumnya system pemrosesan order meliputi:
a.       Mengirim tagihan kepada customer
b.      Customer melakukan pembayaran, biasanya melalui rekening bank yang umum digunakan oleh kebanyakan orang. Usahakan sediakan beberapa rekening bank yang berbeda untuk memberikan opsi kepada customer agar lebih memudahkan.
c.       Konfirmasi Pembayaran diterima dan kita mengecek apakah pembayaran sudah masuk
Jika pembayaran sudah masuk, order segera diproses dan customer di email kembali. Banyak sekali variasi-variasi dalam alur pemrosesan order yang penting alurnya jelas dan mempermudah customer.
4. Siagakan Sales Online :
Sangat penting bagi sebuah toko online mempunyai sales online karena tak jarang customer melakukan survey dari barang yang mau dibeli dan mereka pun ingin di yakinkan oleh sales sebelum memutuskan apa yang hendak dibeli. Anda bisa saja mencantumkan Nomor telepon, tetapi gateway yang paling efektif tetap melalui fasilitas Chat, Yahoo Messenger misalnya. Mengapa? Telefon hanya bisa melayani satu orang dalam satu waktu, tetapi dengan menggunakan chat, dalam satu waktu anda bisa melayani lebih dari satu orang, otomatis lebih dari satu transaksi terjadi. Lebih efisien bukan.
5. Gunakan Social Media :
Jangan lupa untuk aktiv menggunakan social media, Facebook, twitter, Koprol, Plurk dan yang lainnya. Karena akan sangat rugi jika itu semua diabaikan. Dengan social media, berita yang dipublish bisa dengan cepat menjadi perbincangan banyak orang yang disampaikan secara berantai, otomatis berita menjadi terkenal. Tak jarang banyak sekali orang-orang yang sukses berjualan online dengan memanfaatkan facebook, twitter dsb. Bila perlu buatlah akun khusus dan Promosikan informasi toko online anda melalui social media tersebut
6. Ponsel ,media eCommerce yang Penting
Alangkah baiknya jika kita mempunya versi mobile dari situs toko online kita. Kita harus bisa membuat konten yang kompatibel dengan berbagai macam tipe ponsel dan tidak meninggalkan aspek kemudahan navigasi, desain dan usability. Buat situs kita sepraktis mungkin sehingga customer mudah bernavigasi didalamnya.
7. Waktunya Belajar SEO
Sangat membanggakan apabila situs toko online kita terpampang dihalaman pertama Google ketika di Search dengan keyword jenis produk kita apalagi jika pesaing kita ada ribuan. Tingkatkan juga ranking situs kita karena semakin tinggi ranking situ kita, maka trafiknya pun semakin meningkat. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang memburu produk melalui situs pencarian dan mereka cenderung mengklik situs toko online pada ranking tertinggi yang ditampilkan situs pencarian (contoh:Google). Nah, teknik SEO (Search Engine Optimization) kita berperan penting. Pelajari SEO untuk meningkatkan kualitas situs kita.
8. Strategi Promo Melalui Kupon
Bagaimana perasaan customer ketika dia mendapatkan pesan di inbox email nya: “Pelanggan Yth, Selamat! Anda adalah pelanggan kami yang kesekian, dengan demikian anda berhak untuk mendapatkan bonus berupa gratis satu buah produk kami”. Pasti mereka gembira mendapat kalimat tersebut. Bayangkan bagaimana reaksi mereka. Bisa jadi mereka akan bercerita kepada temannya bahwa dia mendapat bonus dari situs anda
9. Bangun Kepercayaan yang Kuat dan Jelas
Milikilah alamat yang jelas, valid dan bisa dihubungi merupakan kesan pertama dalam pembangunan trust kepada customer. Selanjutnya tampilkan kesan positif, memberikan bonus dan sebagainya. Hal tersebut pun berlaku jika anda menjadi salah satu pemilik akun di salah satu situs jual beli terbesar di Indonesia, contoh www.tokobagus.com. Disana mereka memberikan status penjual Verified yang artinya sudah terverifikasi dengan baik. Sehingga trust pembeli lebih condong kepada mereka yang sudah verified. Mengapa demikian? Karena pembeli terkadang juga takut adanya pemalsuan atau penipuan dalam melakukan jual beli online. Jadi, bangun trust situs toko online anda.

Itu tadi adalah 9 Tips Sukses Membangun Toko Online. Pastinya masih banyak lagi tips-tips jitu yang bisa membuat anda sukses membangun toko online. Kita harus selalu mengikuti perkembangan yang ada di dunia internet karena ilmu di dalamnya selalu berkembang. Jadi gunakan teknik dan ilmu-ilmu baru yang anda ketahui untuk meningkatkan penjualan toko online anda. Selamat berkunjung ke blog kami semoga bermanfaat :) Salam Moving!