1. Konten Yang Menarik :
Pengunjung toko online akan lebih betah
berlama-lama dalam satu situs yang menyediakan konten yang menarik. Gunakan
warna-warna cerah dan ceria, sangat cocok untuk toko anda yang menawarkan
nuansa kehangatan dan kekeluargaan. Cobalah untuk tidak ragu-ragu konsultasi
mengenai desain situs anda mulai warna, tata letak, hingga konten toko online
anda kepada pakarnya. Bisa jadi jika situs anda eyecatching, pengunjung akan
sangat betah berlama-lama menelusuri situs anda bahkan anda sendiri mungkin
betah disitus anda :D
2. Permudah
Navigasi Situs :
Jika customer kesulitan menemukan apa yang
mereka cari disitus toko online anda, bisa saja mereka akan menghilang secara
instan. Maka dari itu permudah navigasi situs kita. Simple saja, bisa dengan
menggunakan tombol-tombol menu yang mudah dilihat atau bahkan mungkin kalau
bisa ketika disorot kursor, menu memunculkan pop-up. Hal ini akan membuat
pengakses penasaran untuk menelusuri struktur situs kita. Fitur Search Engine
juga tidak kalah penting. Terkadang customer tidak mempedulikan seberapa baik
navigasi situs kita tapi mereka langsung menuju Search Engine karena dirasa
lebih cepat menemukan apa yang mereka cari. Pastikan anda bisa memonitoring
query aktivitas fitur search kita. Dari situ kita bisa mempelajari dan tahu apa
yang dicari customer kita.
3. Alur
Pemrosesan Order yang Jelas :
Pada Umumnya system pemrosesan order
meliputi:
a.
Mengirim tagihan kepada customer
b.
Customer melakukan pembayaran, biasanya melalui
rekening bank yang umum digunakan oleh kebanyakan orang. Usahakan sediakan
beberapa rekening bank yang berbeda untuk memberikan opsi kepada customer agar
lebih memudahkan.
c.
Konfirmasi Pembayaran diterima dan kita mengecek
apakah pembayaran sudah masuk
Jika pembayaran sudah masuk, order segera
diproses dan customer di email kembali. Banyak sekali variasi-variasi dalam
alur pemrosesan order yang penting alurnya jelas dan mempermudah customer.
4. Siagakan
Sales Online :
Sangat penting bagi sebuah toko online
mempunyai sales online karena tak jarang customer melakukan survey dari barang
yang mau dibeli dan mereka pun ingin di yakinkan oleh sales sebelum memutuskan
apa yang hendak dibeli. Anda bisa saja mencantumkan Nomor telepon, tetapi
gateway yang paling efektif tetap melalui fasilitas Chat, Yahoo Messenger
misalnya. Mengapa? Telefon hanya bisa melayani satu orang dalam satu waktu,
tetapi dengan menggunakan chat, dalam satu waktu anda bisa melayani lebih dari
satu orang, otomatis lebih dari satu transaksi terjadi. Lebih efisien bukan.
5. Gunakan Social Media :
Jangan lupa untuk aktiv menggunakan social media,
Facebook, twitter, Koprol, Plurk dan yang lainnya. Karena akan sangat rugi jika
itu semua diabaikan. Dengan social media, berita yang dipublish bisa dengan
cepat menjadi perbincangan banyak orang yang disampaikan secara berantai,
otomatis berita menjadi terkenal. Tak jarang banyak sekali orang-orang yang
sukses berjualan online dengan memanfaatkan facebook, twitter dsb. Bila perlu
buatlah akun khusus dan Promosikan informasi toko online anda melalui social
media tersebut
6. Ponsel
,media eCommerce yang Penting
Alangkah baiknya jika kita mempunya versi
mobile dari situs toko online kita. Kita harus bisa membuat konten yang
kompatibel dengan berbagai macam tipe ponsel dan tidak meninggalkan aspek
kemudahan navigasi, desain dan usability. Buat situs kita sepraktis mungkin
sehingga customer mudah bernavigasi didalamnya.
7. Waktunya Belajar SEO
Sangat membanggakan apabila situs toko
online kita terpampang dihalaman pertama Google ketika di Search dengan keyword
jenis produk kita apalagi jika pesaing kita ada ribuan. Tingkatkan juga ranking
situs kita karena semakin tinggi ranking situ kita, maka trafiknya pun semakin
meningkat. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang memburu produk melalui situs
pencarian dan mereka cenderung mengklik situs toko online pada ranking tertinggi
yang ditampilkan situs pencarian (contoh:Google). Nah, teknik SEO (Search
Engine Optimization) kita berperan penting. Pelajari SEO untuk meningkatkan
kualitas situs kita.
8. Strategi
Promo Melalui Kupon
Bagaimana perasaan customer ketika dia mendapatkan
pesan di inbox email nya: “Pelanggan Yth, Selamat! Anda adalah pelanggan kami
yang kesekian, dengan demikian anda berhak untuk mendapatkan bonus berupa
gratis satu buah produk kami”. Pasti mereka gembira mendapat kalimat tersebut.
Bayangkan bagaimana reaksi mereka. Bisa jadi mereka akan bercerita kepada
temannya bahwa dia mendapat bonus dari situs anda
9. Bangun
Kepercayaan yang Kuat dan Jelas
Milikilah alamat yang jelas, valid dan bisa
dihubungi merupakan kesan pertama dalam pembangunan trust kepada customer.
Selanjutnya tampilkan kesan positif, memberikan bonus dan sebagainya. Hal
tersebut pun berlaku jika anda menjadi salah satu pemilik akun di salah satu
situs jual beli terbesar di Indonesia, contoh www.tokobagus.com.
Disana mereka memberikan status penjual Verified yang artinya sudah
terverifikasi dengan baik. Sehingga trust pembeli lebih condong kepada mereka
yang sudah verified. Mengapa demikian? Karena pembeli terkadang juga takut
adanya pemalsuan atau penipuan dalam melakukan jual beli online. Jadi, bangun
trust situs toko online anda.
Itu tadi adalah 9 Tips Sukses Membangun Toko Online.
Pastinya masih banyak lagi tips-tips jitu yang bisa membuat anda sukses
membangun toko online. Kita harus selalu mengikuti perkembangan yang ada di
dunia internet karena ilmu di dalamnya selalu berkembang. Jadi gunakan teknik
dan ilmu-ilmu baru yang anda ketahui untuk meningkatkan penjualan toko online
anda. Selamat berkunjung ke blog kami semoga bermanfaat :) Salam Moving!
3 Comments
Saya sedang menjalankan eksperimen Plus one club. Jika tertarik untuk ikut serta harap kunjungi http://plusoneclub.blogspot.com/2012/12/google-plus-one-experiment-2012.html untuk info selengkapnya.
ReplyDeletekeren ini tipsnya. Insya Alloh akan lancar kalo konsisten dan ada kemauan kuat..
ReplyDelete(dzofar.com)
amiiinnn... makasih mas ndop, ni masih belajar nge blog.. browsing2 cara ngeblog dengan benar..
ReplyDeleteBagaimana menurut kamu? komentar disini ya :)