Ceritanya lagi nyari artikel dengan bantuan search engine Google yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan menjelajah internet.

Pas browsing-browsing, masuk ke situs ini situs itu, Padahal baru aja masuk eh kok sudah mbulet tidak beraturan begini! Kampret! Mungkin kamu juga pernah mengalami hal kayak begini sob. Tahu kan bagaimana rasanya mengunjungi situs yang ribet, padahal kita mencari artikel atau opini tentang sesuatu yang sederhana tapi situsnya! blognya! webnya! rumiiiit, kacauuu, Mending Langung Klik tanda Silang aja (baca:close). iya kan :) Kalau kamu blogger dan pernah mengalami hal semacam ini, tentunya jangan sampai hal ini terjadi pada blogmu, sehingga visitor blogmu menurun.

karena sudah banyak yang bahas tentang hal ini, jadi aku sekarang share berdasarkan pengalaman pribadi aja deh :)

Berikut adalah 10 Penyebab Saya Meninggalkan Blogmu Tanpa Pamrih

 

1. Caphtca Saat Baru Masuk Situs / Blog

Belum apa-apa baru mencoba mengakses blog tersebut, eh kok begini ya tampilannya aneh. ada kolom2 yang harus diisi dengan kode-kode di layar. Ini disebut Caphtca. Hal ini tentu membuat saya ribet. Pertama : kode caphtca itu identik dengan tidak jelas-jelas amat, jadi musti melotot melihatnya. Kedua : Bingung aja. okey okey menurutmu aku ini apa? robot? spam?atau sejenisnya. oke fine! turunkan aku! #Close! .aku tahu, situs kamu jadi lebih aman dari spam, tapi pengunjung tidak suka :)

2. IKLAN yang menghalangi Konten 

Hellaaaaw!! apaan sih ini iklan kok ngikut mulu! aku scrol ke bawah iklannya ikut, aku ke atas iklannya juga ikut. Kalo aku nyebur ke laut apa kamu tetap ikut? oh maaf, abaikan kalimat tanya ini. Iklan yang menutupi konten bikin aku gak nyaman, susah deh baca konten blog kamu. Boleh-boleh aja sih pake iklan asal pada tempatnya. Aku tahu itu adalah salah satu sumber penghidupan untuk blogger, dapet duit kan? iya tapi iklan kamu mengganggu dan memaksaku mengklik tanda (x) #Close!. bukan pada iklannya ya! tapi langsung di tab browser. bye halaman penuh iklan yang suka ngikutin

3. Musik Play Otomatis

Jika Kondisi Volume Speaker PC mu di stel Keras atau pas lagi pake Headset dengan stelan volume middle - keras. Tiba-tiba pas baru mengakses sebuah situs / blog, lha kok langsung terdengar suara Musik yang (mungkin) kita tidak pernah menduga sebelumnya, apalagi kita tidak suka dengan genre musik tersebut, tau nggak apa yang kamu lakukan? iyak, langsung #Close! aja tuh blog. Itu yang aku lakukan. Yang punya blog itu bisa jadi : 1. Newbie dalam dunia perbloggeran, sehingga pas nemu cara muter lagu otomatis di blog sendiri, di terapkan tanpa mikir dampaknya. 2. Memang suka musik di puter di blog. Tapi ketahuilah, aku tidak suka akan hal itu, kamu juga? bisa jadi. Sangat menggangggu tauk. Masih sering aku nemu blog kayak gitu, biasanya blog kayak gitu masih kelas amatir. Baik dari segi konten dan layout (rata-rata dari hasil penemuanku). Aku suka musik, tapi bukan yang play otomatis di blog.


4. Pop Up (Iklan) yang bertubi-tubi

Pengalaman ini biasanya sering kita jumpai di situs-situs tempat download. Aku sering kurang sreg dengan munculnya Pop Up iklan. Tapi kalo masih dalam batas yang wajar sih oke oke aja. Lha kalo bertubi-tubi dan iklannya berisi hal-hal yang tidak penting untuk kehidupan kita tentu menjengkelkan bukan. yaps. Byuuuh, ya kita mulai tutup Pop Up / Pop Ads nya satu per satu. Tapi kalo jumlah Pop Up nya SEAMBREEGGG!! < penulisan ini menandakan Pop Upnya sudah melebihi ambang batas. Yasudah, kalo begitu saya pilih yes! yes apaan? yes #Close!

5. KONTEN PALSU
Ya ini, Biang Kerok Keling Kampret Banget! kalo ternyata aku pas browsing di Gugle, nemu! dengan antusias sebuah klik menuju situs / blog tersebut eh ternyata kok Kontennya Gak Ada, itu cuman hasil dari keywords yang kita inputkan di search engine. Kuampret!. Aku tahu itu adalah salah satu cara untuk mendapat pengunjung blog yang banyak dari Google, cuman aku sangat tidak suka. Yakin! kalianpun tidak suka kan? ini juga salah satu sebab mengapa aku langsung #Close aja situs tersebut. Entah apa istilahnya, menurutku itu konten palsu, udah itu aja. Lanjut...

6. Loading Lambat

Buat kamu yang punya blog, coba di efisiensikan, jangan sampai hal ini terjadi sama blogmu. Lemooooot Banget! kebanyakan pengunjung yang mendapati blog load lambat, apalagi seperti aku yang biasanya cuman pake internet paket hemat dengan bandwidth kelas rakyat jelata. Duh, miris sekali deh :D. Aku sih gak sabar kalo lemotnya keterlaluan, mending cari blog yang enteng loadnya. Penyebabnya sih biasanya : 1. Banyak gambar dengan size besar di blog. 2. Kebanyakan Plugin Javascript. 3. Iklan juga salah satu penyebabnya. atau kalo kamu pake hosting berbayar, memang bandwidth host mu uda melebihi kuota. Solusinya : Jika kamu pengunjung blog dengan tipe seperti di atas ini adalah dengan cara #Close, browsing blog lain dengan konten serupa.

7.  Navigasi Membingungkan

Untuk point ini, dari pengalaman blog walking, rata-rata blog-blog jaman sekarang udah pada cantik, gampang di akses, navigasi juga fine-fine aja. Tapi kalo nemu blog dengan navigasi membingungkan, biasanya setelah aku nemu konten yang aku cari, selanjutnya #Close saja. karena navigasi membingungkan = memeras otak untuk berpikir, bagaimana caranya menemukan konten selanjutnya di blog ini. Daripada pusing-pusing, ya aku cari referensi dari blog lain deh :)

8. Tampilan Berantakan

Background Blognya pake gambar-gambar, trus ada kedip-kedipnya, cursor blognya custom, bisa warna-warna dan ada ekornya kayak komet, warnanya dominan hitam dengan kesan underground / metal bangets! Font nya juga keren yang model pecah-pecah dan kayak darah netes, Tentu kamu suka dengan blogmu, tapi apa pengunjung blogmu suka? #jleb. Intinya tampilan blog jangan sampai berantakan dan terlalu aneh-aneh. Why? karena sebenarnya pengunjung lebih mementingkan konten daripada tampilan. "Ya sak karepku sih mas, kan aku yang punya blog" oke oke, yasudah kalo gitu aku #Close aja. Aku masih sering menjumpai blog semacam itu, tapi uda agak jarang sekarang :)

9.  Disable Klik Kanan

Gak tau kok bawaannya gak nyaman aja aku kalo web itu klik kanannya di disable, atau bahkan ngeblok teks aja gak bisa. fiuuh. Iya iya, memang betul, klik kanan di disable berfungsi untuk menghindari pencurian / kopas konten kan. Tapi aku gak bermaksud kopas kok, cuman mau buat tugas sekolah. Nah, gimana tuh kalo ada yang seperti itu. Hal tersebut memaksa user untuk membaca habis konten web tersebut, kalo aku sih kurang suka, tapi kalau itu demi kebaikan konten web kamu, okelah kalo begitu. Cuman ini berpotensi pengunjung enggan datang lagi ke blog kamu. contohnya aku :) alasannya : tidak nyaman *catet*


10. Konten Kadaluarsa
Sebagian jenis konten web / blog memang bersifat tahan lama dan tidak mengenal waktu, contohnya : Tutorial < dia bersifat kekal abadi. Tapi sebagian lagi ada yang bersifat cepat basi, contohnya : berita harian, gossip, atau hal-hal yang bersifat trend. Kalo aku nemu konten yang pas tak lihat ternyata tanggal postingnya : 2 Januari 1992, oh maaf ini tanggal lahir saya, intinya konten di posting sudah lama, misalnya tahun kemaren, otomatis sifat berita / info dalam web tersebut sudah expired, berbahaya kalo di konsumsi (emangnya makanan?). Serasa tidak butuh konten tersebut lagi. Tapi tidak semua konten! ada sebagian yang tidak mengenal waktu.

Sebenernya masih banyak Faktor sih, biar ringkas 10 aja ya :). Kenapa aku biasanya meninggalkan sebuah blog yang aku kunjungi tentunya tanpa pamrih! hehe. 10 Point di atas ini adalah hasil pengalamanku sendiri. Jadi, kalo mau di tambahkan sendiri, silakan. pastinya versi tiap orang kan beda-beda. 10 Point di atas ini bisa di cekal dengan cara : "Menyediakan Konten yang dicari oleh pengunjung" Nah!

Mau tau bagaimana cara Membuat Pengunjung Blog Anda Kembali Mengunjungi Blog Anda kembali. stay update ya :)

thanks for visit