Halo sobat Simple, ada yang baru nih. mencicipi keyboard "Gaming" Armaggedon Kalashnikov AK-770i. Baru kali ini aku beli keyboard yang di istilahkan Keyboard Gaming, hmmmm, disebut gaming karena bodynya di desain Gamingable dan tampil apikable! (baca : bagus). Apakah hanya di khususkan untuk gaming? untuk ngetik sehari-hari, desain grafis pun boleh kok pakai keyboard macam ini. MURAH TAPI TIDAK MURAHAN! Itu yang terlintas di pikiranku saat menyentuh body Keyboard ini. Sudah beberapa hari ini aku incar dan akhirnya dapet! Pengen lihat ulasanku? mau kan, mau donk :)

Sebagai Pemuda yang antusias di dunia per internetan, sengaja aku beli Keyboard ini via online biar kekinian, di Bukalapak aku nemu harga yang cocok untuk keyboard yang satu ini. Setelah barang sudah ditangan, langsung bongkar kemasannya, lalu jepret sana jepret sini, putar sana putar sini banting sana banting sini untuk aku buat ulasan sederhana di blog ini.

Naaaah, berikut review pribadiku mengenai Keyboard Gaming Armaggedon AK-770i. Cekidot :


#1. KEYBOARD DAN KELENGKAPAN
Kemasan Keyboard. Kalau Beli pastikan dengan kemasan yang tersegel! tandanya masih gress!


3 Fitur Utama yang jadi Andalan!

Pas dibuka : ada kitabnya, silica Gel seperti pas beli sepatu baru (entah untuk apa ini)

Tampilan keyboard dari bebarapa sisi, disini aku potret pake kamera blekberi 9380



#2. TAMPILAN KEYBOARD

Tanpa berbasa basi, langsung saja aku coba keyboard baru ini dan hasilnya adalah.... eng ing eeeeng. Aku terpesona oleh lampu Backlightnya yang bersinar dengan anggunnya, membuat keyboard ini tampil bak keyboard gaming mehong kelas atas.
Wow! Kereen! backlightnya bikin tampil cyantiiik.
Lampu bisa berganti warna sesuai keinginan! Wow Wow Wow
Ternyata Nyala lampunya tidak hanya satu macam doank guys, ada 3 pilihan warna yaitu Ungu, Biru dan Merah. Jadi meski kita maen komputer di ruang yang remang-remang alias gelap setengah-setengah, gak perlu kuatir pas mau ngetik tetep terlihat mana ABCDEF - Z. kalau aku sih udah apal tombol keyboard, jadi ga perlu repot liat tombol. 10 jari gituh *ketawa jahat* << oke ini gak lucu.

Eits, bahkan bisa juga backlightnya bisa di setting "Color Breathing", apa itu? jadi warna bisa berganti secara otomatis. Pergantian warnanya halus seperti fade in - fade out. ngerti kan? Kalau lampunya di matikan? Bisa juga. Semua bisa di kontrol melalui tombol bagian sisi kiri keyboard.



 #3. FUNGSI UNIK TOMBOL

6 Tombol Penting
Nah, kalau kita lihat di bagian sisi kiri Keyboard yang ciamik ini, ada 6 tombol yang perlu kamu ketahui detail fungsinya. Berikut penjelasan Fungsi tombol-tombol tersebut :

1. Iconnya bergambar Keyboard di coret.Tombol untuk mematikan tuts keyboard, kalau tombol ini di tekan, seluruh tuts keyboard tidak berfungsi total. Kalau mau mengembalikan, tinggal tekan lagi.

2. Gambarnya Windows di coret. Tombol ini untuk mematikan fungsi tombol windows di keyboard. Untuk mengembalikan, tekan lagi saja.

3. Gambar fast forward dan fast backward. untuk meningkatkan respon tombol saat ditekan + tahan. Misal tombol backspace, ditahan bisa menghapus dengan cepat, atau diganti yang slow saja.

4. Tombol ini bergambar Panah 4 sisi. Fungsinya untuk menukar Posisi tombol Panah (atas - bawah - kanan - kiri) yang posisinya berada di kanan, Bertukar di tombol WASD. ini untuk kamu yang ngaku Gamers. Kalau mau mengembalikan, seperti semula tinggal tekan lagi.

5.  Color : tombol ini untuk merubah Warna Backlight (lampu) pada keyboard, ada 3 pilihan warna seperti yang sudah aku jelaskan tadi (Merah - Biru - Ungu)

6. Bergambar Lampu : tombol ini untuk mengatur 3 tingkat kecerahan backlight, lalu juga untuk mengatur apakah ingin disetting menjadi color breathing (warna lampu berganti otomatis fade in > out) atau bahkan ingin mematikan lampu keyboard, via tombol ini.



#4. UJI PERFORMA

Tibalah kita pada sesi Pengujian Keyboard Armaggeddon AK770-i. JENG JENG JEENGG!!.
Baik, secara tampilan sudah kita bahas, oiya untuk penlilaian dalam angka, akan aku sisipkan di bagian kesimpulan. Keep reading!

Saat dipakai untuk mengetik text yang banyak dengan kemampuan 10 jariku yang sudah tidak perlu diragukan lagi *uhuk* hasilnya sangat memuaskan. Tombol-tombol keyboard ini senyap alias bunyi tik-tik pada tombol tidak berisik. Alus dan empuk saat dipakai. Benar-benar senyap! nyaris tanpa suara! tidak seperti namanya "Kalashnikov" yang berarti sebuah merk senjata api yang biasa dipakai para teroris-teroris dengan suara bisingnya! Bagi kamu yang suka main game FPS seperti Call of Duty, pasti tahu senjata Kalashnikov ini.

Oke, jika dipakai mengetik cepat, keyboard ini  sangat oke banget. Tapiiiii, bagaimana dengan pengujian ANTI GHOSTING yang di gembar-gemborkan sebagai teknik promosi keyboard gaming kebanyakan?
  
apa itu ANTI GHOSTING?
Anti Ghosting adalah moment ketika beberapa tombol keyboard di tekan bersamaan dan terjadi blank pada salah satu tombol yang sedang kita tekan alias tidak muncul di monitor.
Bingung? iya sama. Begini saja, kamu sekarang lakukan uji anti ghosting pada keyboard kamu sekarang! Caranya :
- Tekan Tombol Shift kanan dan Shift Kiri bersamaan dan tahan keduanya
- Lalu gunakan jari-jarimu yang lain untuk mengetik, bebas! mulai dari ABC, RTY atau yang lainnya.
- Lihat! huruf mana yang tidak muncul pada keyboard! Semakin banyak tombol yang tidak muncul, semakin buruk kualitas keyboard kamu.

Dan hasilnya uji Anti Ghosting (dengan menahan 2 tombol shift dan menekan tombol huruf dan angka) yang sudah saya lakukan pada Keyboard Armaggeddon AK770-i adalah : Masih ada beberapa tombol yang tidak muncul yaitu : X , 2 , dan 6

artinya fitur Anti Ghost masih belum sepenuhnya dimiliki keyboard ini, tapi masih bisa dimaklumi toh hanya 3 tombol ini saja.


Nah, aku sempat bandingkan ukuran keyboard ini dengan keyboard sturdy seharga 25rb an yang aku beli duluuuuuuu. Begini nih penampakannya.

Armaggeddon AK770-i bersanding dengan Mouse Rexus G6 ku
Perbedaan ukuran body keyboard antara AK770-i dan sturdy, jauuuh man! Secara penampilan kalau di pasangkan dengan mouse Rexus G6 yang aku beli beberapa waktu yang lalu, oke juga, tampil kece.

Baca juga Reviewku tentang MOUSE REXUS G6, klik disini.

Mungkin karena Mousenya juga punya warna bling-bling yang mirip si keyboard. Akhirnya sturdy pun saat ini bisa aku pensiunkan dan beristirahat dengan tenang di alam sana.


#5. KESIMPULAN

Penilaian :
- Desain     = 8,5
- Performa = 7,9

Kelebihan :
- Senyap dipakai untuk mengetik (tidak berisik)
- Tombol Empuk
- Desain unik dan kekinian
- Backlight bisa di setting (3 pilihan warna)
- Harga tergolong murah

Kekurangan :
- Masih terdapat GHOSTING di beberapa tombol

Aku Beli keyboard ini via BUKALAPAK dengan Harga sekitar Rp 260.000,- .
Menurutku pribadi, keyboard ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mempunyai keyboard yang tampil menawan dan Gamers Banget tapi dengan budget yang tidak menguras kantong alias murah meriah.
Tapi jika kamu membandingkan keyboard ini dengan keyboard Gamers kelas atas seperti RAZER DEATHSTALKER, CORSAIR RAPTOR, tentu ini bukan tandingannya, karena keyboard ini termasuk keyboard gamers low - mid end.


Yups, sekian dulu, semoga review ini bisa memberikan pencerahan untuk kamu yang pengen upgrade keyboard usang kamu di rumah biar tampil ciamik dan tidak membosankan.
Salam, Moving!