Dalam mengoperasikan sebuah website pastinya diperlukan fitur kontrol panel untuk menunjang jalannya situs anda. Saat ini tersedia banyak sekali webhosting yang menyediakan fitur cPanel yang lumayan lengkap dan sangat fungsional. CPanel merupakan sebuah bentuk kontrol panel yang reliable. Didalamnya terdapat berbagai macam fitur yang telah digunakan secara global. Bagi anda yang sedang membangun website setidaknya anda harus mengenali lebih jauh tentang fitur cPanel tersebut agar bisa memaksimalkan kualitas website anda. Apa saja fitur-fitur CPanel yang perlu anda ketahui?

Berikut ini adalah ulasan sederhana mengenai fitur-fitur cPanel:

1. Email Accounts
Fitur ini merupakan sebuah fasilitas yang bisa kita gunakan untuk membuat alamat email domain sendiri. Mungkin anda pernah melihat ada yang menggunakan alamat email, misal kotaksurat@domainsendiri.com. Jadi bukan menggunakan yahoo.com, gmail.com ataupun yang lainnya. Nah, seperti itulah salah satu kegunaan dari fitur email accounts tersebut. Fungsi lain fitur ini tentunya merupakan fasilitas webmail untuk melihat email yang masuk ke akun email yang telah dibuat.

2. FTP Accounts
Sudah lumayan umum mengenai fitur FTP. Melalui fitur ini, anda bisa membuat akun-akun FTP sendiri dan mengatur ruang geraknya misal hanya bisa mengunggah atau mengunduh data dari direktori tertentu dari server anda. Untuk mengoperasikannya anda memerlukan third party program seperti Filezilla, CuteFTP atau yang lainnya. Anda bisa mendownload program-program tersebut di situs resmi mereka secara gratis. Untuk Cara mengoperasikan software FTP Filezilla silakan anda bisa baca klik disini.

3. File Manager
Pasti anda tahu mengenai fungsi Windows Explorer pada Sistem Operasi Windows. Nah, persis seperti itulah fungsi dari fitur File Manager di cPanel. Yaitu dipergunakan untuk mengatur direktori dan file-file anda didalam webserver

4. MySQL Databases
Dengan fitur ini anda bisa menciptakan database, membuat user sampai mengatur hak akses user. Database yang dimaksud disini adalah database berbasis MySQL, sesuai dengan namanya. Sepertinya MySQL sudah sangat populer dikalangan penyedia jasa hosting baik yang berbayar maupun yang non berbayar.

5. Remote MySQL
Pastinya dalam sebuah website mempunyai database misalnya saja yang berbasis mySQL. Fitur Remote MySQL ini memungkinkan anda bisa mengakses database tanpa harus login melalui cPanel anda. Anda bisa menggunakan software pihak ketiga seperti HeidiSQL, Navicat, MySQL GUI Tools dan sebagainya. Simple saja untuk memulainya, mula-mula anda harus menambahkan IP computer anda pada tabel whitelisth IP melalui fitur Remote MySQL didalam cPanel. Tips: Jika anda menambahkan nama domain, maka external web server dari domain tersebut akan bisa memakai database anda juga.

6. PHPmyAdmin
Kalau fungsi dari fitur MySQL adalah untuk menciptakan database maka fitur PHPmyAdmin ini berfungsi untuk mengedit databasenya. Membuat, mengubah ataupun menghapus record suatu tabel dari database. Untuk melakukan semua itu anda bisa mengakses fitur PhpMyAdmin.

7. Disk Space Usage
Fitur ini memberikan kemudahan cara tercepat untuk melihat berapakah jumlah disk space yang telah dipakai ditiap folder. Anda bisa memantau apakah space hosting anda teralokasi dengan baik ataukah ada hal lain yang menyebabkan space anda  habis. Ada informasi mengenai berapa space yang terpakai dan yang masih terisa.

8. Backups
Ternyata fitur yang satu ini tidak kalah pentingnya. Ya, betul “Backups”. Kami yakin andapun sangat membutuhkan fitur ini. Apa fungsinya? Tidak lain yaitu untuk melakukan backups data-data website anda. Dengan melakukan backups secara rutin anda menjamin situs anda lebih aman dan bebas dari ancaman serangan cybercrime. Seandainya saja situs anda terkena serangan, anda tinggal merestore backup terbaru data website anda yang bebas dari Badware. Bahkan dengan fitur ini anda bisa memindahkan data anda ke hosting atau provider yang lain. Tips: Serutin mungkin anda lakukan backups data-data website anda agar data lebih aman dan mengantisipasi saat adanya serangan tak diduga yang bertujuan merusak system website anda.

9. Subdomain
Subdomain itu sama saja dengan membuat sub-direktori tertentu di server anda. Contohnya mail.yahoo.com atau answer.yahoo.com dan sebagainya. Fitur subdomain memuangkinkan anda membuat subdomain untuk situs anda sendiri dengan mudah

10. Addon Domain
Secara default biasanya satu hosting hanya bisa dipakai satu domain saja. Tapi dengan fitur Addon Domain anda bisa menambahkan domain kedua, ketiga dan seterusnya dalam satu hosting anda. Domain lain yang anda tambahkan akan menciptakan satu direktori lain dalam server sehingga seolah-olah memiliki space tersendiri

11. Parked Domain
Fungsi dari parked domain adalah untuk mengarahkan domain yang diparkir untuk menampilkan domain utama dari website anda. Lebih gampangnya, fitur ini sama dengan fitur Domain Forwarding yang tersedia di setiap pembelian domain. Disamping mengkonfigurasi dari sisi domain, settingan dilakukan dari hosting

12. IP Deny Manager
Fitur yang satu ini dibuat bertujuan untuk melakukan pemblokiran pada suatu alamat IP tertentu yang mengakses situs anda. Terkadang ada serangan yang dinamakan dengan Denial of Service. Serangan dimana website anda diakses terus menerus oleh alamat IP tertentu sehingga membuat bandwidth situs anda habis. Fitur IP Deny Manager ini bisa anda gunakan untuk memblok alamat IP yang berusaha menghabiskan bandwidth situs anda. Caranya anda bisa melihat IP yang mengakses melalui statistic (Awstat). Anda tinggal blok saja IP tersebut dari IP Deny Manager.

13. Awstat
Fitur Awstat merupakan sebuah fitur yang menyediakan berbagai macam diagram dan grafik. Dari sini anda bisa melihat statistik pengunjung situs anda mulai dari siapa saja dan darimana saja pengunjung berasal. Data yang ditampilkan juga cukup lengkap dan detail. Fitur ini sangat efektif untuk mengeukur statistik kunjungan terhadap situs anda sehingga informasi data statistik dari situs anda kedepan bisa menjadi acuan dalam pengembangan situs anda.

14. Cron Jobs
Cron Jobs memungkinkan anda untuk mengatur perintah yang secara otomatis akan dieksekusi secara berkala sesuai settingan anda. Contoh, anda bisa mengkonfigurasi sebuah cron yang menghapus file temporary setiap minggunya sehingga space anda terasa longgar. Settingan bisa anda lakukan sesuka anda.

15. Virus Scanner
Mungkin saja ada badware yang ikut menumpang ketika anda sedang upload data ke hosting. Virus scanner berfungsi untuk menanggulangi keberadaan badware-badware tersebut. Anda bisa melakukan scan virus yang ada didalam hosting anda.

16. Spam Assassin
Untuk melindungi inbox email anda sendiri, anda perlu memiliki suatu interface yang berfungsi melindungi inbox anda dari serangan spam. Sesuai dengan namanya, Spam Assassin berfungsi sebagai system penyaringan email otomatis. FItur ini akan mengidentifikasi email spam berdasarkan konten header dan isi dari email yang masuk. Secara otomatis akan menolak suatu email jika email tersebut terindikasi sebagai Spam.

17.   Softaculous
Adanya softaculous memungkinkan anda dapat menginstall Wordpress di server dengan mudah. Selain Wordpress ada banyak pilihan Content Management System (CMS) lain yang juga siap untuk diinstall. Misalnya Joomla, OScommerce, Mambo dan sebagainya. Fungsinya sama dengan Fantastico Autoinstaller hanya tampilannya lebih bagus juga CMS yang disediakan lebih lengkap dari Fantastico.

Mungkin masih ada beberapa fitur-fitur hosting lainnya yang memiliki keberagaman fungsi yang diperuntukkan memamksimalkan aktivitas hosting anda. Anda bisa pelajari tiap-tiap fungsi dari masing-masing hosting yang sudah mereka sediakan. Maksimalkan setiap fitur-fitur yang dimiliki hosting anda. Artikel diatas ini membahas beberapa fitur saja yang lebih sering kita gunakan dalam CPanel hosting. Semoga bermanfaat :)
Salam Moving!